Senin, 27 Juli 2015

Kadin Harus Lebih Aktif. Maxi Gunawan: Sebaiknya Turun ke Daerah



Sudah menjadi rahasia umum bahwa selama ini kadin, terutama di daerah, seolah "mati suri". Kadin yang seharusnya menjadi organisasi yang memperjuangkan kepentingan pengusaha dan menjadi mitra kerja pemerintah, kini belum terlihat fungsinya secara jelas sehingga pengusaha pun kurang tertarik bergabung.

Menanggapi hal ini, calon kuat Ketua Umum Kadin Indonesia, Maxi Gunawan, berpendapat bahwa permasalahan ini harus diurai segera dan dicari sumbernya. Untuk itu, Kadin Pusat harus lebih sering lagi turun ke daerah-daerah untuk memperhatikan akar permasalahan.\

"Harus turun ke daerah untuk melihat permasalahannya seperti apa? Khususnya ke kabupaten atau kota. Mengurai atau memahami permasalahan yang ada tentu juga tidak gampang," kata Maxi, saat ditemui seusai acara "Safari Ramadan dan Buka Bersama", di Banjarmasin, Kalimantan Selatan 8 Juli 2015. Turunnya Kadin pusat ke daerah, selain bisa mengurai permasalahan yang ada, juga bisa menjadi sebuah jembatan antara pengusaha daerah dan pemerintah pusat. Hal ini sejalan dengan dukungan Kadin untuk membantu perekonomian nasional.

"Komunikasi Kadin pusat dan daerah harus lebih ditingkatkan. Gunanya untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan suatu daerah. Selain itu pemerintah daerah, pengusaha, dan pemerintah pusat harus bersinergi," ujar Maxi.

Maxi berpendapat bahwa Kadin Daerah sudah seharusnya lebih aktif untuk memperjuangkan pembangunan di daerah. "Pengusaha dan pemerintah daerah itu tidak bisa dipisahkan dan menjadi kesatuan utuh untuk membangun daerah," kata Maxi. Sehingga jika kadin daerah kurang aktif, maka kurang optimal pula pembangunan di sana.

Maxi Gunawan selama ini dikenal sebagai pengusaha yang mendukung produk lokal agar bisa dilihat dunia internasional. Maxi sendiri mempunyai bisnis yang meliputi perdagangan dan komoditas, agrikultur, perbankan, properti, makanan-minuman, hingga transportasi.

Ia juga mengingatkan bahwa bersinerginya pemerintah dengan pengusaha, ujar Maxi, sejalan dengan UU Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri. Kadin merupakan mitra kerja pemerintah.

"Kadin itu mempunyai banyak perwakilan dan membawahi banyak juga asosiasi. Pengusaha di daerah harus didukung. Bagaimana caranya agar mereka bisa mencapai ekonomi internasional. Ini bisa menjadi tambahan pemasukan negara," terang Maxi.
Sumber:

http://www.beritasatu.com/ekonomi/289564-urai-benang-kusut-maxi-gunawan-sebaiknya-kadin-pusat-turun-ke-daerah.html

http://www.beritasatu.com/ekonomi/289499-maxi-gunawan-masyarakat-harus-merasakan-kehadiran-kadin-daerah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar