Minggu, 05 Juli 2015

Maxi Gunawan: Kadin Daerah Sudah Seharusnya Proaktif

Isu semakin pentingnya mengangkat pengusaha-pengusaha di daerah semakin menguat. Selama ini, sering muncul kecemburuan seolah daerah hanya jadi penonton atas berbagai program pembangunan yang "dititipkan" oleh pemerintah pusat, dan digarap oleh pengusaha dari Jakarta pula.

Hal ini pernah diungkapkan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. “Kalau ada proyek pembangunan dari kementerian pusat, tolong jangan sampai dikerjakan monopoli oleh pengusaha Jakarta,” kata Tjahjo dalam sambutannya saat membuka Musrembang Regional Wilayah Sulawesi di Makassar, Kamis 5 Maret 2015.

Tjahjo mengatakan bahwa kurangnya pelibatan pengusaha daerah ini menjadi salah satu sumber masalah dalam pembangunan di daerah-daerah perbatasan.

"Bayangkan dari anggaran sebesar Rp16 triliun per tahun hanya 16 persen yang dapat terserap, karena yang mengerjakan pembangunan jalan adalah pengusaha Jakarta yang tidak tahu kondisi alam dan masyarakat setempat, dan tidak mau bekerja sama,” kata dia.

Hal ini diamini oleh Ketua Komite Hubungan Kerjasama Lembaga Internasional Kadin, Maxi Gunawan yang sedang mencalonkan diri menjadi Ketua Kadin Indonesia. Menurutnya, sudah sepantasnya ada peningkatan kerja sama antara Kadin daerah dan pemerintah daerah.

“Pemda diminta mendorong pengusaha menjadi anggota kadin daerah dengan cara menerbitkan aturan yang mengharuskan seluruh pelaku usaha di daerah untuk menjadi anggota,” ujar Maxi di Batam, 4 Juli 2015. Dengan begitu, kata Maxi, perekonomian daerah bakal tergenjot. Asalkan, pemda juga memberikan kemudahan usaha bagi pengusaha lokal.

“Perizinan ekspor harus diubah menjadi sistem online dan harus ada transparansi antara pemda dan pengusaha,” tambahnya. Selain itu, Maxi juga mengimbau pengusaha daerah untuk terus menggali potensi sumber daya masyarakat setempat.

Lebih lanjut, Maxi mengungkapkan Kadin daerah sebagAi wadah bagi pengusaha-pengusaha daerah di seluruh Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian memiliki peran yang sangat strategis dalam memperjuangkan kepentingan dunia usaha. Sekaligus pembangunan ekonomi daerah.

"Kadin daerah harus proaktif diajak ikut serta dalam menyusun peraturan daerah. Tapi penting juga untuk mengingat agar pengusaha jangan sampai ikut Kadin hanya karena motif ekonomi semata. Ekonomi memang perlu, tapi bukan segalanya," ucap Maxi.

‎Menurut Maxi, pentingnya organisasi kadin daerah ini maka perlu strategi penguatan peran yang lebih implementatif. Diantaranya, peningkatan kerjasama antar Kadin daerah dan pemda dalam rangka revitalisasi peran kadin sebagai badan yang benar dibutuhkan para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar